Hindari Hacking, Gimana Caranya?

Pernah ngalamin akun sosmed lo kena hack orang? Atau tiba-tiba akun twitter lo nge-retweet status-status orang yang gak lo kenal? Atau tiba-tiba lo gak bisa login ke email lo? Yap selamat, your account has been compromised. Bete? Kesel? Dongkol? Terus gak tau harus bagaimana?

Disini gue gak akan bahas apa itu hacking dan bagaimana cara melakukan hacking. Gue juga gak akan bahas bagaimana mengembailkan akun yang sudah dihack karena terlalu kompleks dan kasusnya sangat bervariatif. Yang akan gue bahas adalah bagaimana cara untuk meminimalisasi dan sebisa mungkin menghindari hacking, namun bukan berarti lo akan terbebas 100% dari yang namanya hacking.Semua yang gue share adalah berdasarkan pengalaman gue selama gue bercengkrama dengan internet, gue bukan pakar computer security dan bukan pula seorang hacker.

Gak semua akun yang udah diambil alih orang lain (biasa disebut dihack) bisa kita rebut kembali, sebagai contoh misalnya facebook kita dihack orang, terus kita coba reset passwordnya via email dan ternyata besoknya akun facebook itu kembali dihack orang, dan parahnya ada beberapa kejadian si hacker merubah alamat email yang terdaftar di akun facebook lo tersebut.

Apa yang salah? Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut ada baiknya simak beberapa tips ini:

  1. JANGAN PERNAH gunakan nama, tanggal lahir, tanggal jadian, dan sebagainya didalam password akun lo tersebut. Cari yang susahan dikit gitu, kombinasikan dengan karakter (!@#$%^&*) kalo perlu. Contoh: l!m@b3l45..2014
  2. Tingkatkan keamanan akun lo dengan menggandakan konfirmasi perubahan password dengan mengaktifkan fitur sms notifikasi. Jadi begitu ada permintaanreset password atau ketika unrecognized devices mencoba untuk mengakses akun lo, akan ada sejenis pin atau notifikasi konfirmasi yang terkirim langsung ke nomor HP lo.
  3. Buatlah security questions dengan jawaban yang hanya elo atau elo dan keluarga lo yang tau, buat yang personal. Jangan bikin pertanyaan yang mudah ditebak.
  4. Hindari membuka link-link aneh yang orang kirim melalui message atau chat yang biasanya headlinenya gak jauh dari hal-hal yang berbau pornografi maupun berita-berita yang lagi “in”, bisa juga dengan penawaran-penawaran produk dengan harga murah yang gak masuk akal. Once lo membuka link tersebut, dan biasanya lo gak akan sadar kalo lo diminta untuk memasukkan username atau email beserta passworduntuk mengakses link tersebut dengan tampilan yang persis menyerupai facebook atau twitter atauwebsite lainnya, yang dimana tampilan yang mirip tersebut sebenarnya adalah website phishing atau bisa disebut dengan website kloningan untuk menjebak user dan mengambil email atau usernamebeserta password user tanpa user sadari. Lo harus perhatikan linknya, apakah lo login di alamat URL yang benar?
  5. Berhati-hati ketika lo melakukan koneksi di tempat umum, misalnya di public WiFi. Ada istilah hackingyang namanya MITM (man in the middle) attack, dimana si hacker dengan alatnya yang berupa hardware atau software melakukan “pencantolan” tepat ditengah-tengah jalur antara device lo dan hotspot umum untuk melakukan sniffing(pelacakan) paket (data) yang melintas diantaranya, dengan begitu si hacker dapat dengan mudah mengetahui usernameemail, dan password akun lo.
  6. JANGAN PERNAH memberikan password lo kepada siapapun untuk alasan apapunKECUALI ke orang yang lo bisa percaya dan untuk alasan tertentu. Walaupun begitu, setelah selesai lo tetap harus mengganti password akun lo tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  7. Waspada dengan yang namanya keylogger. Keylogger adalah sebuah aplikasi kecil yang berjalan di background proses pada sebuah sistem operasi komputer. Keylogger memiliki fungsi untuk merekam semua ketikan yang dilakukan dari keyboard komputer. Jadi hati-hati yang sukabrowsing di warnet, bukan berarti gue bilang semua warnet gak aman loh ya dan bukan cuma ada di warnet, bisa aja di lab komputer di sekolah atau kampus lo, atau bahkan mungkin di kantor lo, dimana ada pihak-pihak yang dengan sengaja menginstall keylogger ke dalam komputer yang lo operasikan. Pastikan aja ada antivirus yang terinstall dengan baik dan diupdate secara berkala, dan pastikan warnet yang lo kunjungi atau tempat umum yang lo gunakan untuk mengakses internet punya kredibilitas dan kualitas yang baik dalam hal keamanan jaringan.

Dengan begitu semoga kesempatan lo kena hack semakin kecil, tapi bukan berarti lo sudah 100% aman dari hack. Kesempatan tersebut tetap ada selama yang lo lakukan terhubung dengan internet, salah satu ahli keamanan jaringan yang juga salah satu temen gue kuliah S2 bilang “selama perangkat yang kita gunakan terhubung ke internet dan menggunakan IP (internet protocol) Address, maka kesempatan untuk melakukan hacking itu terbuka lebar”. Jadi intinya lebih berhati-hatilah dalam melakukan surfing di internet.

Ingat, di dunia maya banyak sekali serigala digital berbulu domba, untuk itu jangan sampai tertipu. Jadilah pengguna internet yang bijak dan pintar, dengan begitu harapan kita dunia teknologi Indonesia bisa maju ke arah yang lebih baik. Semoga tips-tips sotoy gue ini bisa membantu temen-temen untuk menghindari dan meminimalisasi supaya akun-akun kalian gak kena hack.

Keamanan itu ada di tangan anda, jadilah pengguna internet yang bijak dan pintar, hindari penipuan-penipuan dari para serigala berbulu domba. Gandakan keamanan dan lakukan update secara berkala. Happy surfing!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s