Kata emak!

“Jadi manusia harus nekat dan percaya diri, jangan bergantung sama orang lain, apalagi banyak berharap sama keajaiban!” ~ Emak Guah

Yap, keberhasilan itu sangat amat tergantung sama apa yang kita lakukan dalam prosesnya. Kalau goal kita adalah ingin menjadi seorang pakar atau ahli dalam suatu bidang, ya harusnya dalam keseharian kita harus mengasah ketrampilan, kemampuan, dan menambah pengetahuan tentang bidang yang akan kita kuasai.

Contoh, gak ada seseorang yang karena beruntung bisa menjadi pakar matematika. Seorang pakar matematika itu udah biasa ngitung dari kecil coy! Gak ada yang kecilnya doyannya cuma main dan main, terus gedenya jadi seorang pakar matematika. Untuk itu semua goal akan butuh usaha dan kerja keras yang kadang gak kita sadari pentingnya berusaha di waktu kita kecil.

Nah, sekarang pertanyaannya, sejauh mana kita mengenal “hutan”? Hutan yang gue maksud disini adalah sebuah dunia nyata, dimana manusia berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas dirinya untuk mencari nafkah atau uang sebanyak-banyaknya.

Pengalaman gue waktu pertama kali gue ngeliat “hutan”, gue takut men! Dalem hati gue, “gile bisa survive gak yah gue di hutan sebesar ini?” dan lo harus inget, yang mencoba survive di “hutan” itu bukan cuma lo seorang, tapi ada jutaan orang! Dan satu hal yang harus lo ingetmen, sumber daya di hutan itu terbatas, gak bisa lo dapet banyak hal dari dalem hutan kalo lo gak punya skill yang memadai.

Terus apa yang harus kita persiapkan buat bisa survive di “hutan”? ~ Simple men, lo harus paham trend apa yang bakalan happening di masa depan lo. Buat contoh nih, orang-orang dulu (jamannya emak gue) beranggapan di jaman gue besar nanti yang bakalan happening adalah dokter dan insinyur, tapi ya belom tentu cocok juga sama minat gue kan. Seiring waktu berjalan yang gue liat bakalan pas sama gueadalah dunia Information Technology atau yang biasa kita kenal sebagai dunia IT.

Kapan gue tau (sebenernya sih sok tau) kalo dunia IT itu bakal maju dan berpotensi jadi ladang uang? ~ Pas gue SMAmen, gue menyimpulkan dunia IT itu bisa jadi bekal gue supaya gue bisa sukses di masa depan karena menurut logika gue, hari gini apaan sih yang gak pake komputer? Padahal jaman gue SMA itu gue belom pernah kenalan sama yang namanya programming atau biasa disebut dengan coding.

Nah buat elo yang masih ngerasa “abu-abu” sama masa depan lo, mending mulai dari sekarang tentuin minat yang lo udah punya “basic”-nya dan tekuni itu sampe semuanya “ngelotok” di kepala lo. Buat yang udah terlanjur “tersesat”, alangkah baiknya lo bisa lebih bijak untuk menerima dan memperdalam ilmu lo itu, tapi kalo masih bisa berubah atau diperbaiki ya silahkan.

Intinya menkita gak boleh give up sama situasi dan kondisi, jangan pernah menyalahkan keadaan dan masa lalu. Jangan buang waktu lo cuma buat menyesali hal-hal yang gak bisa lo raih, sekarang saatnya lo berdiri, menatap kedepan, dan yakin kalo setiap individu manusia itu punya kelebihan, nah tugas lo tinggal menemukan apa kelebihan yang lo punya dan potensi apa yang masih terkubur di dalam diri lo.

Kunci dari sebuah keberhasilan itu adalah niat, usaha, dan tekad yang keras! ~ Udah sering denger ya kalimat itu? Tapi serius men, gue udah ngalamin buktinya, bahwa gak ada usaha yang gak berbuah keberhasilan. Intinya lakukan apa yang menurut lo nyaman, apa yang menurut lo benar, dan apa yang sesuai dengan agama dan kepercayaan lo. Terus jangan lupa minta restu orang tua, terutama nyokap lo, supaya semuanya dipermudah dan dilancarkan. Buah yang manis tumbuh dari ladang yang subur dan terawat men, bukan dari ladang yang gak bener cara ngerawatnya (semoga paham sama perumpamaan ngaco gue).

Next gue bakal cerita yang lain, yang mungkin bisa membantu lo buat melihat, mencerna, berpikir, dan mungkin “ngeh” atau setuju dengan pemikiran gue tentang bagaimana cara struggling untuk masa depan. Gue bukan orang yang 100% bener, ini cuma celotehan sotoy gue dan pengalaman yang gue alamin selama gue menghirup udara di bumi ini ~ tsahhh. Gak ada yang sempurna, tapi kita bisa membuatnya mendekati sempurna. Gak ada yang gak mungkin kalo kita mau berusaha dengan keras, mari BANGKIT!!!

Thanks udah baca kata-kata sotoy gue.. :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s